Kuliah
2 (19 September 2012)
By
Mas Seta
Review Sejarah Assessment Center
Dalam Assessment Center
tetap melibatkan psikologi dalam perekrutan militer sampai pada bidang
industri yang tidak terlalu melibatkan psikologi, tetapi melibatkan supervisor
– supervisor yang memiliki sertifikasi Assessment Center atau yang sudah
berpengalaman. Dalam psikologi dikenal istilah situasional tes bukan Assessment
Center yang akhirnya berubah menjadi Assessment Center. Situasional tes itu
digunakan dalam hal perekrutan.
Contohnya bagaimana caranya menseleksi calon tentara yang
akan masuk menjadi tentara dan bagaimana mengukur profile seorang tentara ?
Penyeleksian dilihat secara
a. Fisik yaitu dari tinggi badan (cm), berat badan (kg),
ketahanan fisik (olahraga : lari, renang, sit up, dll).
b. Kognitif dengan menggunakan tes IQ, TPA, toefel, dll
c. Personality dengan menggunakan tes sikap kerja, dll
Dalam penggarisan Assessment center harus ada satuan
ukurnya sehingga hasil yang didapat menjadi valid dan reliabilitas. Contohnya mau
menentukan tinggi badan menggunakan cm.
Perbedaan assessment center di inggris dan amerika ?
Kalau assessment center di inggris mengarah pada
vocational (sekolah kejuruan) yang digunakan pada ranah pendidikan atau
kejuruan. Sedangkan di amerika lebih ke arah bisnis seperti yang diaplikasikan
oleh perusahaan AT & T. Contoh keterampilan apa yang dibutuhkan seorang
pramugari ? secara fisik harus tinggi minimal 165 cm keatas alasannya untuk
membantu manaikki barang ke bagasi atas. Berat badan harus proporsional karena
kalau gendut akan menghabiskan tempat.
Amerika dikenal dengan 3 hal yaitu
1. Core competensi / core values
Contoh barang : barang selamat dan tidak rusak sampai
ditempat tujuan
2. Manajerial competensi
Mengatur, decicion making, mengarahkan, evaluasi,
control, leader, good communication, analytical dan conseptual thinking, à POACE : planning,
organizing, action (eksekusi seperti apa ?, monitoring) control dan
evaluasi yang harus dimiliki seorang
manajer
Leadership kompetensi tidak sama dengan manajerial
kompetensi. Kalau mau menjadi konsultan assessment center haru memiliki banyak
kamus. Manajerial adalah bagian dari leadership.
Kriteria leadership yang baik adalah
a. Visionary (harus pandangannya jauh kedepan)
b. Handling busines
atau handling proses (seorang leader tau barang itu di input maupun di output)
c. Handling people
d. Effisient budget (seorang leader harus mampu mengatur
keuangannya).
3. Spesifik competensi
Contohnya HRD, marketing / sales, general affair,
finnace, opperation (jasa)
Tugas
1
Mencari
masing – masing jobdesk spesifik kompetensi diatas
1. Job Desk HRD
a. Memberikan pelatihan atau training
b. Mengelola dan menggali kemampuan karyawan
c. Bertanggung jawab dalam proses perekrutan atau rekruitmen
d. Mencari kandidat yang sesuai dengan perusahaan
e. Mampu mengadministrasikan alat tes
2. Job Desk marketing / sales
a. Menyusun srategi pemasaran
b. Mengontrol dan mengkoordinir proses penjualan dan
pemasaran bersama S & M Supervisor(s) untuk mencapai target penjualan dan
mengembangkan pasar secara efektif dan efisien
3. Job Desk general affair
a. Menangani permasalahan Hubungan Industrial (Industrial
Relation) baik untuk menyelesaikan masalah internal (kekaryawanan) maupun
masalah dengan lingkungan sekitar lokasi pabrik/perusahaan (eksternal)
b. Tugasnya yaitu pelayanan di bidang SDM
4. Job Desk finnace
a. Memastikan pengelolaan keuangan
b. Tepat waktu
c. Bertanggung jawab atas cash flow perusahaan serta
memonitor cash flow dan modal perusahaan agar neraca keuangan tetap seimbang
sehingga memudahkan perusahaan dalam realisasi aliran kas.
5. Job Desk jasa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar