Thursday, November 8, 2012

asessment center - kompetensi


Kompetensi
·        Pengertian kompetensi
Kompetensi adalah spesifikasi sikap, pengetahuan dan keterampilan serta penerapan yang efektif dari sikap, pengetahuan dan keterampilan tersebut terhadap standar-standar yang ditetapkan di tempat kerja (workplace). Kompetensi dibutuhkan untuk mencapai kinerja yang efektif dalam melaksanakan pekerjaan.
Menurut spencer and spencer (1993 : 9), kompetensi adalah sebagai karakteristik yang mendasari seseorang dan berkaitan dengan efektifitas kinerja individu dalam pekerjaannya (an underlying characteristic’s of an individual which is causally related to criterion – referenced effective and or superior performance in a job or situation). Underlying characteristics mengandung makna kompetensi adalah bagian dari kepribadian yang mendalam dan melekat kepada seseorang serta perilaku yang dapat diprediksi pada berbagai keadaan dan tugas pekerjaan. Causally related memiliki arti kompetensi adalah suatu yang menyebabkan atau memprediksi perilaku dan kinerja. Criterion referenced mengandung makna bahwa kompetensi sebenarnya memprediksi siapa yang berkinerja baik, diukur dari kriteria atau standar yang digunakan. Menurut poerwardaminta (1993 : 518), kompetensi adalah kekuasaan (kewenangan) untuk menentukan atau memutuskan suatu hal. Menurut suparno (2001 : 27) komptensi adalah kecapakan yang memadai untuk melakukan sesuatu tugas atau sebagai memiliki keterampilan dan kecapakan yang diisyaratkan. Sedangkan kompetensi menurut van looy, van dierdonck and gemmel (1998 : 212) menyatakan kompetensi adalah sebuah karakteristik manusia yang berhubungan dengan efektifitas performa, karakteristik ini dapat dilihat seperti gaya bertindak, berperilaku dan berpikir.
·        Karakteristik kompetensi
Menurut spencer and spencer (1993 : 10) kompetensi terdiri dari 5 (lima) karakteristik yaitu :
1.    Motives
Adalah suatu dimana seseorang secara konsisten berfikir sehingga ia melakukan tindakan. Spencer (1993) menambahkan bahwa motives adalah “drive, direct and select behavior toward certain actions or goals and away from others”. Misalnya seseorang yang memiliki motivasi berprestasi secara konsisten mengembangkan tujuan – tujuan yang memberi suatu tantangan pada dirinya sendiri dan bertanggung jawab penuh untuk mencapai tujuan tersebut serta mengharapkan semacam “feedback” untuk memperbaiki dirinya.
2.    Traits
Adalah watak yang membuat orang untuk berperilaku atau bagaimana seseorang merespon sesuatu dengan cara tertentu. Sebagai contoh seperti percaya diri, kontrol diri, ketabahan atau daya tahan.

3.    Self concept
Adalah sikap dan nilai – nilai yang dimiliki seseorang. Sikap dan nilai diukur melalui tes kepada responden untuk mengetahui nilai yang dimiliki seseorang dan apa yang menarik bagi seseorang untuk melakukan sesuatu

4.    Knowledge
Adalah informasi yang dimiliki seseorang untuk bidang tertentu. Pengetahuan merupakan kompetensi yang kompleks. Tes pengetahuan mengukur kemampuan peserta untuk memilih jawaban yang palinng benar tetapi tidak bias melihat apakah seseorang dapat melakukan pekerjaan berdasarkan pengetahuan yang dimilikinya

5.    Skills
Adalah kemampuan untuk melaksanakan sesuatu tugas tertentu baik secara fisik maupun mental. Dengan mengatahui tingkat kompetensi maka perencanaan sumber daya manusia kaan lebih baik hasilnya.

·        Dalam Competency Based Performance dikenal adanya 6 rings yakni :

1.     Attitude (keterampilan)
2.     Skill (keterampilan)
3.     Knowledge (pengetahuan)
4.     Experience (pengalaman)
5.     Responsibility (tanggung jawab)
6.     Accountability (akuntabilitas)




·        5 Aspek Dimensi Kompetensi

A.     Task Skills (mampu melakukan tugas per tugas)
B.     Task Management Skills (mampu mengelola beberapa tugas yang berbeda dalam pekerjaan)
C.    Contingency Management Skills (tanggap terhadap adanya kelainan dan kerusakan pada rutinitas kerja)
D.    Environment Skills (mampu menghadapi tanggung jawab dan harapan dari lingkungan kerja)
E.     Transfer Skills (mampu mentransfer kompetensi yang dimiliki dalam setiap situasi yang berbeda, situasi yang baru atau tempat kerja yang baru).



No comments:

Post a Comment